Manusia, Makhluk Tuhan Paling Sempurna!

Makhluk individu sekaligus  sosial yang bernama manusia merupakan makhluk Tuhan yang sangat sempurna penciptaannya. Bahkan, Bumi tempat manusia  berpijak pun telah didisain khusus untuk kehidupannya.

Image

Berbagai hasil penelitian luar angkasa menunjukkan bahwa Bumi merupakan planet yang paling ideal untuk makhluk hidup yang bernama manusia. Planet yang usianya telah mencapai lima miliar tahun ini memang  tempat  paling representatif untuk manusia hidup dan meneruskan keturunannya.

Betapa tidak, segala kebutuhan manusia telah tersedia di sini. Udara yang sejuk, sinar mentari yang cukup, temperatur  yang normal, air yang bersih, tanah yang subur, tumbuhan yang hijau dan binatang ternak  yang dikonsumsi dagingnya hingga emas, perak, gas alam cair, minyak bumi, dan aneka tambang lainnya yang berada di perut bumi pun semuanya disediakan untuk manusia. Bandingkan dengan planet lain!

Selain itu, kecepatan bumi mengelilingi matahari sekitar 107 ribu km perjam telah menghasilkan gaya sentrifugal yang menciptakan keseimbangan dan kehidupan manusia di bumi. Begitu pula dengan perputaran bumi pada dirinya sendiri  pada kemiringan 23,5 derajat yang telah menghasilkan pergantian siang dan malam serta perubahan musim. Sehingga, di bumi bagian utara dan selatan akan terjadi empat musim sedangkan yang berada di posisi ekuator hanya mengalami musim penghujan dan kemarau saja. Sekali lagi, semua ini memang dirancang untuk kehidupan makhluk hidup yang bernama manusia. Kita semua.

Bagaimana dengan manusia? Manusia adalah makhluk luar biasa dan teramat istimewa. Tubuh manusia sangatlah dahsyat yang terdiri atas 100 trilyun sel. 1 sel terdiri atas 23 kromoson dan 1 kromosom terdiri atas 3 milyar DNA. 1 DNA terdiri juga dari 4 alphabet yaitu A T G C (Adenin, Timin, Guanin, dan Citosin). Andaikan semua alphabet diurutkan maka panjangnya mencapai 90 milyar km lebih. Berarti, 600 kali jarak bumi dan matahari. Bayangkan!

Terbentuknya manusia diawali ketika bertemunya sel telur dan sel sperma di dalam rahim. Meskipun terdapat 300 juta sperma , namun hanya 1% saja yang sampai di rahim. Hebatnya lagi, dari 3 juta sperma ini ternyata hanya 1 saja yang diperlukan untuk membuahi sel telur.

Selanjutnya, sel telur tunggal ini melakukan replikasi hingga 50 kali. Replikasi pertama menghasilkan 2 sel dan replikasi kedua menghasilkan 4 sel. Replikasi ketiga dan keempat menjadi 16 dan 256 sel dan berikutnya hingga tercipta 100 trilyun sel.

Dengan kata lain, tubuh kita ini berasal dari 1 sel tunggal yang melakukan replikasi sebanyak 50 kali hingga jumlahnya mencapai 100 trilyun sel. Sel ini terus membelah dan menjadi segumpal daging. Selanjutnya, sel yang membentuk daging terus membelah untuk membentuk sel baru dan membentuk tubuh. Dalam proses replikasi ternyata sel-sel tersebut menjadi berbeda yang jumlahnya kira-kira mencapai 250 tipe sel yaitu dari mulai sel lemak berbentuk bundar sampai sel syaraf tipis yang bercabang.

Hingga kini, para ilmuwan masih menyelidiki keajaiban sel ini. Bagaimana tidak, sel yang awalnya hanya satu bisa menjadi triliyunan jumlahnya dengan tipe yang berbeda pula. Selain itu, sel-sel tersebut mampu berperan sebagaimana fungsinya yaitu ada yang membentuk tulang, daging, jantung, gigi, otak, dan lainnya. Mereka bekerja secara harmonis antara satu dan lainnya. Mengagumkan, bukan?*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s