Kisah Seru Twitter

images

Siapa yang tidak kenal Twitter? Jejaring sosial berupa mikroblog ini merupakan buatan Jack Dorsey tahun 2006. Logonya yang berupa burung berwarna biru “Larry the Bird” diadopsi dari nama mantan pebasket National Basketball Association (NBA), Larry Bird.

Kala itu, awal 2006, Dorsey baru saja drop-out dari New York University dan bekerja di perusahaan Odeo. Saat itulah, ia mencetuskan ide menciptakan layanan yang memungkinkan orang menuliskan satu atau dua kalimat pesan menggunakan tombol ponsel, dan mengirimkannya kepada siapapun yang ingin menerimanya. Dorsey memang terpesona oleh sistem komunikasi taksi, di mana pengemudi dan operator dapat dengan ringkas menyampaikan lokasi melalui komunikasi radio.

Ide Dorsey ini memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan kelompok kecil melalui pesan pendek yang kemudian dikenal dengan nama Twitter. Layanan yang awalnya dinamai Twttr ini menyediakan fasilitas yang memungkinkan para pengguna mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets atau kicauan maksimal 140 karakter huruf. Kicauan ini dapat dilihat secara luas serta dibatasi ke orang tertentu. Pengguna Twitter juga dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower).

Dorsey pertama kali memposting kicauannya melalui akun Twitter @jack pada 21 Maret 2006 pukul 03.50 PM. Isi kicauan pertama di dunia itu adalah “Just setting up my twttr”. Dorsey tidak pernah menyangka bila postingnya itu merupakan kalimat singkat yang dicatat sejarah sebagi kicauan tertua di dunia.

Popularitas twitter mulai meningkat pada 2007 ketika festival South by Southwest (SXSW). Ketika itu, ribuan peserta konferensi secara spontan menggunakan Twitter untuk berkerumun dan berdiskusi. Selama acara berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000 kicauan.

Hingga Juni 2012, sudah 500 juta orang di seluruh dunia yang memiliki akun Twitter. Selama bulan Juni 2012 itu, pengguna mengirimkan lebih dari 10 miliar kicauan. Menurut Semiocast, lembaga pemantau media sosial, kota di dunia yang paling aktif kicauannya di Twitter adalah Jakarta.  Pemilik akun Twitter di Indonesia sendiri hampir mencapai 30 juta orang, dan berada di peringkat kelima negara paling banyak memiliki akun Twitter di dunia.*

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s