Angry Birds, Burung Pemarah yang Dipuja

Angry Bird boleh jadi merupakan burung yang paling dikenal di seluruh dunia saat ini. Burung imajiner yang menjadi karakter dalam game paling laris ini menguasai para gamer di seluruh dunia.

imagesPermainan ini berisikan delapan jenis burung berwarna yang berusaha  mengambil kembali telurnya yang dicuri sekelompok babi hijau. Tujuan permainan ini adalah menghilangkan semua babi pada setiap level menggunakan ketapel.

Dari delapan jenis burung tersebut, salah satu karakter yang cukup mencolok adalah burung berwarna merah. Bila dilihat lebih dekat, wajud tokoh ini terlihat jelas dalam diri burung Northern Cardinal (Cardinalis cardinalis). Jenis ini tergabung dalam keluarga Cardinalidae.

Adalah Jaakko Lisalo, desainer video game berkebangsaan Finlandia, yang merancang permainan Angry Birds. Lisalo bekerja untuk Rovio Mobile, sebuah perusahaan kecil pengembang mobile game, yang mendapat pesanan game untuk peranti anyar dari Apple yaitu iPhone. Awalnya permainan ini memang ditujukan untuk aplikasi iPad/iPhone. Kesuksesannya mendorong Apple merancang versi layar sentuhnya, terutama yang menggunakan android.

Menurut Lisalo, game itu haruslah menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan karakter sentral yang sangat kuat. Ide awal itu menggiringnya untuk mengerjakan sketsa di Photoshop: sekawanan burung gemuk dan bundar, tanpa kaki, dengan paruh kuning yang besar, alis tebal, serta tatapan yang agak gila di wajahnya. Rancangannya menggugah pimpinan Rovio Mobile. Burung-burung bermata juling yang pertama kali dirilis untuk Apple’s iOS pada 11 Desember 2009 itu seperti membuat semua orang tiba-tiba ingin memainkan game tersebut.

Dua tahun kemudian, jutaan pengguna ponsel pintar merasakan perasaan yang sama. Angry Birds menjadi aplikasi paling populer dan paling banyak diinstal di antara sekitar 300.000 aplikasi yang ditawarkan iPhone. Game yang terbagi dalam 63 level dan 3 bagian ini terjual sebanyak 12 juta kopi sesaat setelah peluncurannya. Angry Birds kini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan dimainkan setiap hari oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Perdana Menteri Inggris David Cameron dan mantan Wapres Amerika Serikat Dick Cheney

Pada February 2010, Angry Birds dinominasikan sebagai “Best Casual Game” pada acara 6th Annual International Mobile Gaming Awards di Barcelona, Spanyol. September 2010, IGN (Imagine Games Network), web yang fokus pada video game, film, dan musik di Amerika, memberi penghargaan kepada Angry Birds sebagai game Iphone terbaik keempat sepanjang masa. April 2011, Angry Birds memenangkan penghargaan “Best Game App” dan “App of the Year” pada acara Appy Award di Inggris. Pada penyelenggaraan Webby Awards ke-15, Angry Birds menyabet gelar “Best Game for Handheld Devices”.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s