Burung pada Asosiasi Sepakbola (bagian 2)

images4

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler di muka bumi saat ini. Dalam sepakbola, sebuah tim yang beranggotakan sebelas pemain tidak hanya menonjolkan semangat kolektivitas. Akan tetapi juga, menjunjung fairplay (bermain tanpa curang) sebagai satria lapangan hijau.

Berikut negara yang menggunakan burung pada asosiasi sepakbolanya. 

Bolivia

Republik Bolivia didirikan dengan nama “República Bolívar” sebagai penghormatan kepada Simon Bolivar, sang pendiri. Analogi ini digunakan sebagaimana penggunaan Romulus untuk Roma, Columbus untuk Kolombia, dan Bolivar untuk Bolivia. Negara yang terletak di Amerika Selatan dengan luas 1,098,580 km² ini berbatasan dengan Brasil di utara dan timur; Paraguay dan Argentina di selatan; serta Chili dan Peru di barat.

Masyarakat Bolivia sudah mengenal sepakbola sejak 1886 melalui Oruru Royal, klub tertua di Bolivia. Selanjutnya, beberapa klub ternama bermunculan seperti Bolivar dan The Strongest di La Paz; Wilstermann dan Aurora di Cochabamba; juga Blooming dan Oriente Petrolero di Santa Cruz.

indexAsosiasi Sepakbola Bolivia, Federación Boliviana de Fútbol (FBF), didirikan tahun 1925 dan berafiliasi dengan FIFA (inisial BOL) dan CONMEBOL setahun kemudian. FBF menaungi 897 klub sepakbola dengan jumlah pemain teregistrasi sekitar 57 ribu pemain. Marco Echeverry dan Erwin Sanchez merupakan pemain besar Bolivia yang lahir dari kompetisi dalam negeri Torneo Adecuación.

Kondor andes (Vultur gryphus) yang digunakan FBF sebagai logo asosiasi berasal dari lambang negara yang merepresentasikan nasionalisme dan kekuatan. Dalam mitologi, ia diasosiasikan dengan dewa mataharidan dipercaya sebagai pengatur semesta, sekaligus simbol kekuatan dan kesehatan.

Kondor andes merupakan burung pemangsa bangkai yang umumnya terdapat di Pegunungan Andes. Ia tersebar di Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, Paraguay, hingga Argentina dan Cili. Di beberapa negara tersebut kondor andes diabadikan dalam bentuk perangko seperti Argentina (1960), Cili (2001), Kolombia (1992), Ekuador (1958), Peru (1973), dan Venezuela (2004). Populasinya yang mengalami penurunan (sekitar 10 ribu individu) akibat perburuan, atau kehilangan habitat membuatnya berstatus “Mendekati Terancam Punah” (Near Threatened/NT).

Di Indonesia, jenis burung dari keluarga Cathartidae (New World Vulture maupun Old World Vulture) ini tidak ada, namun sebutan populernya adalah burung nasar. Tingginya 100-130 cm dengan berat berkisar 11-15 kg dan rentang sayap mencapai 320 cm. Umumnya menyukai habitat pegunungan, puncak ketinggian, dan tanah berumput.

Nigeria

Negara yang terletak di Afrika Barat ini berbatasan dengan Benin di barat; Chad dan Kamerun di timur; Niger di utara; serta Teluk Guinea di selatan. Luasnya sekitar 923,768 km² dengan Abuja sebagai ibu kota negara yang namanya tercantum dalam Asosiasi Sepakbola Nigeria, Nigeria Football Federation (NFF).

index1Nigeria Football Federation dibentuk tahun 1945 yang nama awalnya adalah Nigeria Football Association. NFF berafiliasi dengan FIFA tahun 1960 dengan inisial NGA, dan bergabung dengan Confederation of African Football (CAF) di tahun yang sama. Asosiasi ini membidani Nigerian Premier League yang terdiri 20 tim, serta menaungi 52 klub dan 58 ribu pemain teregistrasi.

Elang yang digunakan NFF sebagai simbol asosiasi merupakan lambang resmi Nigeria yang bermakna kekuatan. Ini sebabnya, mengapa kesebelasan yang pernah menjuarai Piala Afrika (1980, 1994) dan Medali Emas Olimpiade 1996 Athena, Yunani dijuluki “Super Eagle” atau Elang Super.

Polandia

Polandia merupakan negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse; Ceko dan Slovakia di selatan; Rusia dan Lithuania di timur laut; serta Belarusia dan Ukraina di barat (Garis Curzon). Luas negara dengan inisial POL ini adalah 312,685 km².

index2Polski Związek Piłki Nożnej (PZPN) atau Polish Football Association didirikan tahun 1919 dan berafiliasi dengan FIFA sejak 1923. PZPN menangani 5.891 klub sepakbola dengan 657 ribu pemain teregistrasi serta menjamin bergulirnya liga nasional T-Mobile Ekstraklasa. Beberapa pemain legendanya adalah Ernest Wilimowski, Zbigniew Boniek, dan Wlódzimierz Lubanski.

Ada hal unik antara Polandia dan Indonesia. Meski dua negara ini berada di benua berbeda, dengan budaya dan bahasa berbeda pula, ternyata memiliki sedikit kesamaan pada warna bendera dan lambang negara. Bendera Indonesia berwarna merah-putih dengan artian merah adalah keberanian dan putih bermakna suci. Bendera Polandia sendiri berwarna putih-merah (kebalikan Indonesia) yang bermakna merah merupakan simbol perjuangan dan putih adalah perdamaian.

Begitu juga lambang negara. Indonesia menggunakan garuda, sementara Polandia  memilih elang putih, yang keduanya terlihat menoleh ke kanan. Elang putih yang dalam bahasa Polski di sebut Orzeł Biały (dibaca Ojeu Biawe) digunakan juga sebagai lambang asosiasi PZPN, sementara garuda, meski bukan lambang resmi PSSI diletakkan pula di dada kiri seragam tim nasional Indonesia.

Asal-muasal elang putih dijadikan lambang negara Polandia adalah ketika Lech, pendiri Polandia, melihat seekor elang putih bertengger menjaga sarangnya di sebuah pohon dengan latar cahaya mentari. Lech terkesima, karena cahaya mentari membuat burung tersebut seolah memancarkan cahaya putih dari sayapnya dan ada mahkota di atas kepalanya.

Elang putih sebagai lambang Polandia mulai ditetapkan sejak 1927 melalui amandemen UUD Polandia. Namun, rezim komunis yang berkuasa tahun 1945 mengganti mahkota yang ada di kepala elang dengan bintang. Tahun 1990, ketika rezim komunis runtuh, lambang versi lama digunakan kembali, hanya tampilannya terlihat lebih segar.    

Lambang elang putih yang digunakan Polandia selalu disangkutpautkan dengan Kekaisaran Romawi serta kota Frankfurt am Main dan Schweinfurt.

Rusia

Rusia memiliki luas wilayah sekitar 17.075.200 km² yang membentang di timur Eropa dan utara Asia. Asosiasi Sepakbola Rusia, Football Union of  Russia (RFS), berdiri tahun 1912 dan berafiliasi dengan FIFA di tahun yang sama dengan inisial RUS. RFS yang bergabung dengan UEFA sejak 1954 menaungi sebanyak 14 ribu klub anggota atau sekitar 850 ribu pemain teregistrasi dan mengatur jalannya kompetisi domestik Russian Premier League.    

index3Elang berkepala dua yang digunakan Asosiasi Sepakbola Rusia diambil dari lambang negara mereka. Bila ditelisik, lambang ini ada keterkaitan sejarahnya dengan Polandia dan Ceko yaitu si pendiri negara tersebut: Lech, Čech, dan Rus.

Lech, Čech, dan Rus merupakan tiga bersaudara yang melegenda. Lech mendirikan Polandia, Čech mendirikan Bohemia (dikenal sebagai Ceko), dan Rus mendirikan Rutenia (yang sekarang dikenal sebagai Rusia, Belarusia, dan Ukraina).

Menurut versi Polandia, tiga bersaudara tersebut melakukan perburuan dengan mengejar mangsa yang berbeda. Akhirnya, mereka berpisah. Rus ke timur, Čech menuju barat, sedang Lech ke utara hingga ia menemukan elang putih bertengger di pohon menjaga sarang.

Elang berkepala dua sendiri berasal dari Kekaisaran Rusia. Lambang tersebut sering dimodifikasi sejak pemerintahan Ivan III (1462-1505).*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s