Ayo ke Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) merupakan kebun binatang terbesar kedua di dunia setelah Kebun Binatang Toronto, sekaligus menasbihkannya sebagai kebun binatang tertua ketiga di dunia. Tiketnya yang murah meriah, dewasa hanya Rp 4.000 dan anak-anak cukup Rp 3.000, membuat kawasan wisata bernuansa alam ini ramai pengunjung saban akhir pekan atau di hari libur nasional.

TMR berada di Jalan Harsono RM 1, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasinya persis di depan Terminal Ragunan, atau sekitar 20 km dari pusat kota Jakarta. Luasnya sekitar 147 ha dan menampung sekitar 270 jenis satwa dengan jumlah keseluruhan sebanyak 3.000 ekor.

TMR berdiri pada 19 September 1864 dengan nama awal Planten en Dierentuin seluas 10 ha yang dihibahkan oleh Raden Saleh. Kala itu alamatnya berada di Jalan Cikini Raya 73 dan dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia).

Setelah Indonesia merdeka, namanya diubah menjadi Kebun Binatang Cikini tahun 1949. Jakarta yang terus berkembang, membuat Cikini tidak layak lagi menjadi kebun binatang. Sehingga, tahun 1964, Kebun Binatang Cikini dipindah ke Ragunan dengan mengangkut sebanyak 450 ekor satwa.

Secara resmi, Kebun Binatang Ragunan dibuka pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Sempat beberapa kali berganti nama, akhirnya tahun 2010, nama Taman Margasatwa Ragunan ditetapkan kembali secara resmi dengan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dengan moto konservasi, edukasi, penelitian dan rekreasi alam, TMR coba menata diri menjadi kebun binatang bertaraf internasional.  Terlebih, tahun depan, Pemerintah DKI Jakarta siap menggelontorkan dana Rp 400 miliar guna revitalisasi.

Ah, tidak sabar rasanya menanti.*

ImageImage

ImageImage

ImageImage

Image

Foto: Rahmadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s