A Day with Gol A Gong

Sehari bersama Gol A Gong adalah hari yang menyenangkan. Banyak hal yang kudapat dari penulis novel “Balada Si Roy” ini. Sosoknya yang bersahaja dan tuturnya yang ramah membuatku tidak bosan untuk terus menyimak ucapannya. Atau, karena aku memang mengagumi sosok pendiri Rumah Dunia ini?

ImageOcehanku langsung meluncur tatkala bertemu langsung penulis “Bangkok Love Story” ini . Yang paling menggelitik adalah tentang “Balada Si Roy” yang mengapa film nya tak kunjung datang. Padahal, publik sudah begitu menanti. “Doakan saja, semoga di tahun 2014 atau 2015 film nya akan diproduksi” ucapnya kalem.

Obrolan melebar, namun satu pertanyaan penting yang aku lontarakan adalah bagaimana seorang Gol A Gong bisa menjalani dunia “writing dan travelling” tanpa pernah kehilangan energi? Jawabnya sungguh ringkas, namun bermakna: “Jalani saja dengan senang dan penuh keyakinan”. Senang, menurutnya adalah apapun yang kita lakukan harus didasari dengan rasa cinta dan kerelaan hati agar hasilnya baik. Sementara, penuh keyakinan adalah percaya bahwa melakukan hal baik akan mendapatkan hasil baik pula.

“Bukankah berbuat satu kebaikan akan dibalas sepuluh kebaikan oleh Allah?” paparnya.

Ucapannya merupakan penegasan matematika sedekah dari Qur’an yaitu ketika Allah menjanjikan balasan sepuluh kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik:

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedangkan mereka sedikitpun tiada dianiaya/dirugikan” (QS, Al-An’aam: 160).

Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan kecuali akan bertambah… bertambah… bertambah” (HR. At-Tirmidzi).

Tak heran, Gol A Gong selalu berbagi ilmu lewat buku yang ia bagikan. Prinsipnya adalah dengan membaca buku ia dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik. Dengan gempa literasi Gol A Gong ingin membuat gempa yang menghancurkan kebodohan.

Prinsip kedua yang ia katakan adalah mari memulai perubahan dari diri kita sendiri. Perubahan tidak akan terjadi bila kita tidak memulainya. Gol A Gong mengisahkan bagaimana ia bersama Tias Tatanka, istrinya, mendirikan Gelanggang Remaja Rumah Dunia di teras rumahnya tahun 1996. Empat tahun berselang,lokasinya pindah ke halaman belakang rumahnya yang seluas 1.000 meter persegi. Puncaknya, tahun 2010, Rumah Dunia terpilih sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif se-Indonesia  oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Luar biasa!

Ya, berada di lingkaran orang sekreatif Gol A Gong yang telah menulis sebanyak 120 novel membuatku bersemangat untuk lebih banyak menulis. Seolah, dalam bayanganku, Gol A Gong mentransfer ilmunya, lalu aku bertransformasi menjadi diriku yang baru: diri yang terus berkarya untuk menghasilkan perubahan. Sebagaimana ucapan filsuf Prancis Rene Descartes yaitu Cogito Ergo Sum (saya berpikir maka saya ada) maka aku juga ingin mengatakan bahwa aku menulis maka aku ada.

ImageSehari bersama Gol A Gong sangatlah singkat. Namun, dalam sehari itu pula aku mendapatkan aura positif dari seorang novelis besar yang selalu mengatakan dirinya adalah seorang manusia biasa. Aura yang akan selalu mengingatkanku bahwa aku harus terus menulis, sebagaimana Gol A Gong.

“Selamat Berjuang karena Hidup Begitu Indah” tulis Gol A Gong plus tanda tangan di halaman depan buku “Air Mata Kopi” nya kala kusodorkan.

Pesona Gol A Gong memberiku inspirasi mendalam, sebagaimana ucapan George Herbert Mead, bahwa setiap manusia mengembangkan konsep dirinya melalui interaksi dengan orang lain dalam masyarakat melalui komunikasi. Kita mengenal diri kita lewat orang lain, sebagai cermin yang memantulkan bayangan kita.*

** Puncak, 6 Desember 2013

Foto: Dok. Pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s