Burung di Klub Bola

Tidak hanya tim nasional yang menggunakan burung sebagai lambang kejayaan. Klub sepak bola juga memakai burung sebagai maskotnya.

Catatan sejarah versi Tiongkok menyebutkan, sepakbola kala itu tak ubahnya sebagai semangat tempur prajurit. Dari sepakbola akan diketahui sejauhmana kekuatan prajurit saat menghadapi pertempuran sesungguhnya.

Versi Inggris, negara asal sepakbola moderen, menjelaskan bahwa pertandingan sepakbola dengan kemasan menarik yang dilengkapi aturan diperkenalkan pada pertengahan abad ke-19. Dari sini, klub-klub bermunculan dan sepakbola pun berkembang.

Liverpool FC

ImageLiverpool Football Club merupakan salah satu klub tersukses di Inggris yang didirikan oleh John Houlding, pengusaha asal Merseyside, Liverpool, tahun 1892 akibat berseteru dengan Everton FC.  Klub yang bermarkas di Anfield ini dijuluki The Reds karena jersey (kostum) kebesarannya yang berwarna merah.

Liverpool memiliki lambang yang begitu dipuja suporternya, liverbirds. Awalnya, burung ini dikenal sebagai segel resmi Kota Liverpool yang berada di British Museum tahun 1350-an. Pada abad ke-17, berkembang cerita yang mengaitkan asal burung tersebut dengan Cormorant, spesies burung laut yang sering ditemukan di perairan teluk dekat Liverpool.

Versi lainnya adalah, kata liverbirds diasumsikan dari ucapan The Earl of Derby kala menghibahkan sebuah tongkat kebesaran dengan ucapan “engraved witha leaver”. Ucapan terkenal ini yang selanjutnya dijadikan nama liverbirds. Sedangkan keterangan lain dari sebuah buku manual tentang lambang menyatakan, liverbirds berasal dari pelesetan Bahasa Belanda, lefler, yang bermakna spoonbill atau sejenis burung mirip bangau yang ukurannya agak kecil.

Liverbirds makin dikenal masyarakat luas tatkala tahun 1911 Royal Liver Friendly Society membangun markas besarnya di pusat Kota Liverpool, tepat di ujung dermaga yang menghadap ke Sungai Mersey. Di atas gedung The Liver Building itu diletakkan menara jam kembar dengan dua patung burung Cormorant  yang tak lain adalah liverbirds di tengahnya.

Keberadaan liverbirds makin memperkuat mitos yang menyatakan bahwa burung tersebut bertugas mengawasi kota dan kesejahteraan masyarakat. Burung jantan yang menghadap ke kota bermakna kota dalam keadaan aman, sedangkan si betina yang menghadap ke laut mengandung arti melihat kehadiran nelayan dengan selamat setelah melaut. Patung liverbirds lain yang dapat dilihat di Liverpool berada didekat Mersey Chambers Office Building.

Bila dilihat lebih detil pada lambang Kesebelasan Liverpool FC, selain gambar liverbirds, terdapat juga dua nyala api di sisi kiri dan kanan. Nyala api tersebut untuk mengenang Tragedi Hillsborough yang menewaskan sekitar 96 suporternya. Sedangkan tulisan You’ll Never Walk Alone merupakan mars kebanggaan yang selalu dinyanyikan kala Liverpool bertanding. Secara keseluruhan, warna merah dipilih sebagai warna resmi Kota Liverpool. 

Manchester City

ImageManchester City Football Club merupakan klub sepakbola Inggris yang bermarkas di Manchester. Klub yang sekota dengan Manchester United ini berdiri tahun 1880 dengan nama West Gorton. Tahun 1887, namanya diubah menjadi Ardwick A.F.C dan tujuh tahun berselang menjadi Manchester City seperti yang kita kenal sekarang ini.

Klub berjuluk The Citizen ini pada tahun 2007 dibeli oleh Milyarder Thailand Thaksin Shinawatra. Namun, setahun kemudian kepemilikannya beralih ke Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pemilik Abu Dhabi United Group.

Manchester City menggunakan lambang klub berupa elang emas berperisai biru sejak tahun 1997. Perisai tersebut sebagai perlambang kanal kapal Manchester dan kota tiga sungai yang diwakilkan oleh tiga garis diagonal pada bagian bawahnya.

Selanjutnya, pada bagian bawah lambang terdapat sebuah pita berbahasa latin Superbia in Praelio. Secara harfiah, maknanya adalah kebanggaan di pertempuran. Sedangkan tiga bintang di atas elang emas tidak memiliki arti, hanya bagian dari pemanis saja.

Tottenham Hotspur

Image

Totenham Hotspur Football Club merupakan klub sepakbola Profesional Liga Premier Inggris yang bercokol di London utara. Klub yang berdiri tahun 1882 ini dijuluki Spurs atau The Spurs. Sementara, supporter mereka memanggil dengan nama The Liliwhites karena kostumnya yang berwarna putih. 

Totenham memiliki rivalitas kuat dengan Arsenal, tetangga dekatnya. Setiap pertemuan, kedua tim selalu menyajikan pertarungan hebat di lapangan hijau yang mempertaruhkan gengsi. Laga ini disebut The North London derby atau Derby London Utara. 

Totenham memiliki logo klub unik berupa seekor ayam jantan dengan taji ke atas yang berdiri di atas sebuah bola. Awalnya, James Scott, si pembuat lambang, hanya membuat cor perunggu berbentuk ayam jantan yang diletakkan di bagian barat stadion. Dari sini, ayam jantan mendapat kehormatan menjadi lambang klub. 

Tahun 2006, pihak klub memperbaharui logo tersebut dengan ayam jantan yang lebih muda dan bugar. Dengan harapan, semangat para pemain Totenham ini semuda dan sebugar ayam jantan sebagaimana moto nya: Audere est Facere atau To Dare is To Do.

Lazio

ImageSocietà Sportiva Lazio SpA merupakan klub sepakbola professional Serie A Italia yang berdiri pada 9 Januari 1990 di Roma. Pada mulanya, klub ini ditujukan untuk atletik sementara untuk bidang sepakbola dibentuk tahun 1902. Nama Lazio berasal dari bahasa latin Latium yang bermakna luas atau lebar. Namun begitu, Lazio sendiri merupakan nama suatu daerah yang ada di Roma.  

Lazio memiliki rivalitas abadi dengan klub sekotanya, AS Roma. Adu gengsi dan prestasi acapkali mewarnai pertemuan mereka yang dikenal dengan istilah Derby della Capitale atau derby Roma yang telah dimulai sejak 1929.

Mengenai warna kostum Lazio yang berwarna biru langit dan putih, ternyata terinspirasi oleh bendera Yunani. Begitu halnya dengan lambang klub berupa rajawali. Usut puya usut, lambang tersebut diadopsi dari simbol Kerajaan Romawi sebagai bentuk kekaguman para pendiri klub. Itulah sebabnya Lazio dijuluki Biancocelesti (putih dan biru langit) atau Le Aquile (si elang).

Benfica

ImageSport Lisboa e Benfica atau biasa disebut Benfica merupakan salah satu klub terbesar di Portugal yang memiliki enam juta fans di penjuru dunia. Berdiri pada tanggal 28 Februari 1904, klub yang bermarkas di Stadion da Luiz, Lisbon ini begitu diperhitungkan di kancah eropa.

Benfica memiliki lambang klub berupa elang dengan perisai warna merah dan putih, beserta singkatan SLB (Sport Lisboa e Benfica) yang berada dalam lingkaran berjari. Hal menariknya adalah, kedua kaki elang tersebut mencengkeram pita bertuliskan “E Pluribus Unum” yang bermakna Out of many, one (berbeda tetapi satu). Lambang klub ini dapat pula dilihat di pintu masuk Stadion.

Klub berjuluk As Aguias (si Elang) ini pernah memberikan suguhan menarik kepada penonton di Stadion da Luiz. Sebelum pertandingan dimulai, para penonton diajak berseru memanggil Victory, burung elang (sungguhan) maskot klub, yang dinyatakan hilang. Berita ini memang telah dibuat dan diberitakan media massa sebelumnya. Setingan ini dimaksudkan untuk menggugah dan meningkatkan kepedulian masyarakat Portugal terhadap kehidupan elang di alam bebas.

Tak hanya berseru, para penonton diajak melambaikan stiker berbentuk sayap bertuliskan “Day of the Eagle”. Para pemain yang akan bertanding pun mengenakan kaos putih bertuliskan “Where is our eagle” sebelum menggantinya dengan seragam klub. Selanjutnya, perisai yang telah diletakkan di tengah lapangan, dipersiapkan khusus untuk mendaratnya si elang.

Tak berselang lama, Victory tampak memutar di angkasa sebelum hinggap di perisai yang telah disediakan untuknya. Gemuruh stadion tampaknya memberi arti pada Victory bahwa dirinya merupakan bintang spesial yang dinanti. Malam itu, stadion tampak sempurna dengan kehadiran Victory.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s