Otanaha Castle

Datanglah ke Benteng Otanaha. Dari sini, kita akan puas menatap Danau Limboto dan memandang jelas Goronto. Dari benteng bersejarah ini pula kita merasakan cita rasa sejarah Gorontalo.

Benteng Otanaha terletak di atas Bukit Desa Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Bentuknya lingkaran yang garis tengahnya kurang lebih dua puluh meter. Otanaha secara harfiah diartikan sebagai benteng yang ditemukan oleh Naha. Ota bermakna benteng sedangkan naha adalah orang yang menemukan benteng ini.

Menurut catatan sejarah, benteng yang memiliki anak tangga sebanyak 148 ini dibangun Portugis tahun 1522. Pernah juga dipugar sekitar tahun 1978-1981 dengan tetap mempertahankan keasliannya.

Dari Otanaha pula, kita dapat menyaksikan keseluruhan Danau Limboto. Danau seluas 2.500 hektar ini menjadi saksi sejarah kala diadakannya gencatan senjata antara Kerajaan Limboto dan Kerajaan Gorontalo yang sebelumnya berperang. Karena perang yang tak kunjung usai, akhirnya dua kerajaan yang bertikai ini sepakat berdamai. Di danau inilah semua peralatan perang diceburkan yang sekaligus menandai berakhirnya permusuhan.

Image

Gerbang Utama

Image

Anak Tangga

Image

Di Benteng Otanaha

Image

Sekeliling Benteng

Image

Danau Limboto dari Benteng Otanaha

Pastikan ke Otanaha kala menyambangi Gorontalo!

Foto: Rahmadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s